Uncategorized

Nah, sekarang kelanjutan dari backup sdcard raspbian, di postingan ini https://risdiyanto.com/2016/12/10/back-up-sdcard-raspbian-raspberry-pi/ .

Setelah di backup dalam bentuk iso, backup itu bisa buat recover atau untuk duplicate ke sdcard lain.
Nih caranya:
1. Pastinya cabut sdcard yang mau jadi tujuan recover atau duplicate dari raspberry pi.
2. Pasang di komputer, menggunakan card reader.
3. Buka terminal
4. Masuk sebagai root dengan perintah

su

lalu masukkan password root
5. Cari sdcard tersebut di-mount dimana, dapat menggunakan perintah

mount

untuk menampilkan daftar drive/partisi yang sedang di-mount
Kalau di punya gw ada di sdb1,
6. Unmount semua partisi yang ter-mount tadi, dengan perintah

umount /dev/sdb1

dimana /dev/sdb1 disesuaikan dengan partisi sdcard anda
7.ย  recover dengan perintah

dd bs=4M if=/tmp/raspbian.sdcard.20161205.iso of=/dev/sdb

dimana /dev/sdb disesuaikan dengan lokasi sdcard anda, lalu /tmp/raspbian.sdcard.20161205.iso disesuaikan dengan lokasi dan nama file backup sdcard.

Udah, gitu doang, tinggal tunggu, karena memang agak lama, tergantung dari kecepatan dan kapasitas sdcard tersebut.
Setelah di pasang di raspberry pi, harusnya sama dengan kondisi pas di backup

Untuk mempelajari lebih lanjut bisa dilihat di https://www.raspberrypi.org/documentation/installation/installing-images/linux.md.

Terima Kasih, semoga bermanfaat

Nih Video-nya

Kalau ini cara backup sdcard raspbian pada raspberry pi, sdcard ini sudah diinstall raspbian, sudah dikonfigurasi, dan sudah di install berbagai macam software tambahan. Tujuan backup ini adalah kalau terjadi apa-apa dapat di restore ke kondisi semula, atau dapat juga di-clone ke sdcard untuk raspberry pi yang lain. Berikut caranya, dengan menggunakan komputer linux:

1. Cabut sdcard dari raspberry pi
2. Pasang sdcard ke komputer linux, dapat menggunakan card reader.
3. Buka terminal
4. Masuk sebagai root dengan perintah

su

lalu masukkan password root
5. Cari sdcard tersebut di-mount dimana, dapat menggunakan perintah “mount” untuk menampilkan daftar drive/partisi yang sedang di-mount
Kalau di punya gw ada di sdb1 & sdb2, karena pada sdcard raspbian, terdapat 2 partisi, 1 untuk boot dan 1 untuk raspbian
6. Unmount semua partisi yang ter-mount tadi, dengan perintah

umount /dev/sdb1
umount /dev/sdb2

dimana /dev/sdb1 dan /dev/sdb2 disesuaikan dengan partisi sdcard anda
7.ย  Backup dengan perintah

dd bs=4M if=/dev/sdb of=/tmp/raspbian.sdcard.20161205.iso

dimana /dev/sdb disesuaikan dengan lokasi sdcard anda, lalu /tmp/raspbian.sdcard.20161205.iso disesuaikan dengan lokasi dan nama file untuk menyimpan backup sdcard tersebut.

Udah, gitu doang, tinggal tunggu, karena memang agak lama, tergantung dari kecepatan dan kapasitas sdcard tersebut.

Untuk mempelajari lebih lanjut bisa dilihat di https://www.raspberrypi.org/documentation/installation/installing-images/linux.md.

Terima Kasih, semoga bermanfaat

 

Ini nih videonya

Nah mumpung ada tempat “ngoceh”, sekarang gw mau merangkum sedikit pikiran dalam ocehan ini.

Ilmu padi, mungkin kita dari kecil (SD) sampai sekarang sering mendengarnya, bahkan mungkin mengajarkannya kepada orang-orang yang kita pedulikan. Klo gak salah gini bunyi-nya (copas dari wikipedia, soalnya gw rada lupa ๐Ÿ™‚ ):

Bagaikan padi, semakin masak semakin merunduk.

Maksud dari filosofi ini adalah bahwa kita tidak boleh sombong, harus selalu “merunduk”, selalu mau belajar dan memperbaiki diri, karena pasti masih ada orang yang jauh lebih baik dari diri kita ( dalam hal apapun ).

Namun perlu berhati-hati juga, jangan sampai kita salah “memahami” dan sampai secara tidak sadar kita “selalu merunduk”. Ingat, ketika padi sudah siap panen, PADI AKAN DITEBAS, LALU DIGILING. Nah, dalam hidup manusia ini, ada kala-nya orang memperlakukan orang lain bagaikan padi, ditanam, dirawat, namun bila saatnya sudah tiba, ia akan ditebas, digiling, lalu dimakan. Tidak semua orang memperlalukan dan diperlakukan seperti itu sih,..

Nah, kalau kata orang-orang hebat disekitar gw, jadilah seperti BTS (pemancar sinyal), klo boleh gw sedikit ngubah dikit, jadilah seperti PEMANCAR TELEKOMUNIKASI, semakin Anda besar, semakin kokoh Anda, semakin luas jangkauan Anda, semakin berguna Anda untuk banyak orang. Lalu, ketika terjadi sesuatu pada PEMANCAR tersebut, orang-orang yang berada dalam jangkauan Anda akan mengalami dampaknya, tidak mampu berkomunikasilah, jadi tidak produktiflah, jadi tidak dapat berbuat kebaikanlah.. BAYANGKAN KALAU ADA YANG MAU MENJATUHKAN SEBUAH BTS, apa yang harus dia lakukan, dan apa yang akan terjadi pada jaringan dalam jangkauan Anda?

Untuk PEMANCAR TELEKOMUNIKASI yang sangat hebat, sangat canggih, adalah satelit. Satelit “tidak dapat dilihat” oleh orang yang belum mengerti, namun satelit tetap memberikan manfaat untuk orang tersebut. Satelit tidak perlu kaki-kaki besi yang dapat dipotong, satelit jauh lebih tinggi, satelit memiliki jangkauan yang lebih luas, dan satelit memberikan manfaat lebih serta jauh lebih sulit dijatuhkan.

Lalu boleh sedikit ngoceh lagi, menurut gw juga, JANGAN SEPERTI BAMBU. Iya, Pohon bambu itu tinggi, pohon bambu memberikan manfaat, tetapi perlu dipikirkan juga, POHON BAMBU itu kosong didalam, dimana angin bertiup dia mengikuti arah angin, DAN MUDAH DITEBANG,..

Nah, pilih mana?
heheheee,..

Tetapi perlu diingat, benar bila ada yang bilang,

DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT,

Jadi HARUS SELALU RENDAH HATI, SELALU MAU BELAJAR. Kalau paham sama ilmu-nya sampaikan, ajarkan yang mau menemani Anda mempelajarinya, atau paling tidak yang mau mempelajarinya, JANGAN MEMBIARKAN ORANG LAIN TERSESAT, tetapi kalau tidak paham, JANGAN MENJADI PENYEBAB ORANG LAIN TERSESAT.

 

Sebagai penutup, ini cuma ocehan gw aja,cuma merangkum apa yang gw dengar, apa yang terlintas dipikiran gw dan sebagai pengingat diri gw sendiri sih, kalau memang ada yang lebih tau, mohon saya dikoreksi. ๐Ÿ™‚

Dan hanya Dia Yang Mengetahui Jawaban Semua Misteri Alam Semesta yang mampu membuat perumpamaan paling baik dan paling indah. Semoga memberi manfaat.

๐Ÿ™‚

This is just my note by browsing the web
Time Required: Varies

Here’s How:

  1. Define the Scope
    The first, and most important, step in any project is defining the scope of the project. What is it you are supposed to accomplish by managing this project? What is the project objective? Equally important is defining what is not included in the scope of your project. If you don’t get enough definition from your boss, clarify the scope yourself and send it back upstairs for confirmation.
  2. Determine Available Resources
    What people, equipment, and money will you have available to you to achieve the project objectives? As a project manager, you usually will not have direct control of these resources, but will have to manage them through matrix management. Find out how easy or difficult that will be to do.
  3. Check the Timeline
    When does the project have to be completed? As you develop your project plan you may have some flexibility in how you use time during the project, but deadlines usually are fixed. If you decide to use overtime hours to meet the schedule, you must weigh that against the limitations of your budget.
  4. Assemble Your Project Team
    Get the people on your team together and start a dialog. They are the technical experts. That’s why their functional supervisor assigned them to the project. Your job is to manage the team. Continue reading

Metode penelitian dan pengembangan, atau disebut juga dengan metode Research and Development (R & D), digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan suatu produk. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas (Sugiyono, 2008).

BBC Indonesia
http://feeds.bbc.co.uk/indonesian/index.xml
http://feeds.bbc.co.uk/indonesian/sports/index.xml
http://feeds.bbc.co.uk/indonesian/indepth/index.xml
http://feeds.bbc.co.uk/indonesian/forum/index.xml
http://feeds.bbc.co.uk/indonesian/letterfromlondon/index.xml
http://feeds.bbc.co.uk/indonesian/learningenglish/index.xml

Yahoo! News Indonesia RSS
Nasional : http://id.berita.yahoo.com/rss/nasional
Politik : http://id.berita.yahoo.com/rss/politik
Kriminal : http://id.berita.yahoo.com/rss/kriminal
Hukum : http://id.berita.yahoo.com/rss/hukum
Internasional : http://id.berita.yahoo.com/rss/internasional
Asia : http://id.berita.yahoo.com/rss/asia
Eropa : http://id.berita.yahoo.com/rss/eropa
Amerika Utara : http://id.berita.yahoo.com/rss/amerika
Timur Tengah : http://id.berita.yahoo.com/rss/timurtengah
Bisnis : http://id.berita.yahoo.com/rss/bisnis
Ekonomi : http://id.berita.yahoo.com/rss/ekonomi
Teknologi : http://id.berita.yahoo.com/rss/teknologi
Internet : http://id.berita.yahoo.com/rss/internet
Perangkat : http://id.berita.yahoo.com/rss/perangkat
Olahraga : http://id.berita.yahoo.com/rss/olahraga
Sepakbola : http://id.berita.yahoo.com/rss/sepakbola
Bulu Tangkis : http://id.berita.yahoo.com/rss/bulutangkis
Liga Inggris : http://id.berita.yahoo.com/rss/lingainggris
Hiburan : http://id.berita.yahoo.com/rss/hiburan

Detik.com :
Frontpage :http://rss.detik.com/index.php/detikcom
DetikFinance :http://rss.detik.com/index.php/finance
DetikHot :http://rss.detik.com/index.php/hot
DetikInet :http://detikinet.com/index.php/detik.feed
DetikSport :http://rss.detik.com/index.php/sport
DetikOto :http://rss.detik.com/index.php/otomotif
DetikFood :http://rss.detik.com/index.php/food
DetikFoto :http://rss.detik.com/index.php/foto
DetikIndex :http://rss.detik.com/index.php/detiknews

Kompas Cybermedia:
Nasional : http://www.kompas.com/getrss/nasional
Regional : http://www.kompas.com/getrss/regional
Internasional : http://www.kompas.com/getrss/internasional
Megapolitan : http://www.kompas.com/getrss/megapolitan
Bisnis Keuangan : http://www.kompas.com/getrss/bisniskeuangan
Kesehatan : http://www.kompas.com/getrss/kesehatan
Olahraga : http://www.kompas.com/getrss/olahraga
Perempuan : http://www.kompas.com/getrss/perempuan
Property : http://www.kompas.com/getrss/properti
Sains : http://www.kompas.com/getrss/sains
Travel : http://www.kompas.com/getrss/trave
Oase : http://www.kompas.com/getrss/oase

Kompas Entertainment
http://entertainment.kompas.com/rss/all
http://entertainment.kompas.com/rss/foto
http://entertainment.kompas.com/rss/gosip
http://entertainment.kompas.com/rss/wannatop
http://entertainment.kompas.com/rss/video
http://entertainment.kompas.com/rss/style
http://entertainment.kompas.com/rss/internasional
http://entertainment.kompas.com/rss/sinema
http://entertainment.kompas.com/rss/musik

Kompas Tekno
http://www.kompas.com/getrss/tekno
http://www.kompas.com/getrss/teknonews
http://www.kompas.com/getrss/teknofeature
http://www.kompas.com/getrss/teknoreview
http://www.kompas.com/getrss/teknotutorial Continue reading

  1. Practice makes perfect. The more hours you put into it, the better you are at it.
  2. Real leader are ordinary people with extraordinary determination.
  3. Always remember that success is a ladder, not an escalator.
  4. Never put off till tomorrow what you can do today.
  5. Vision is the art of seeing things invisible.
  6. Experience people cannot be easily deceived.
  7. He that can control himself while achieving victory will gain a double victory.
  8. Mock them who laugh first ad they will cry at last.
  9. Our wisdom comes from our experience and our experience comes from our foolishness.
  10. When wine is in, wisdom is out.
  11. To be wrong is nothing, unless you continue to remember it.
  12. Tick to your point of view, in order to keep up your own dignity.
  13. Success it to get whatever you want, happiness is to love whatever you got.
  14. Time lost cannot found again.
  15. God always answer our prayers, but sometimes the answer is no.
  16. a tiger dies leaving his stripes, a mand dies leaving his words and memories.
  17. Don’t have the pleasure in the misfortune of other.
  18. People can be stronger by eating and wiser by reading.
  19. Takes 20 years to build a good reputation but needs 2 seconds to ruin it.
  20. It is better to have a plan yet undone, rather than having none at all.
  21. Love is the most sacred of all spiritual bonds.
  22. One enemy is too many, a hundred friends is too few.
  23. Think as one who can act, act as one who can think.
  24. Bird need nests, spider need webs, people need friendships.
  25. A good reputation is one’s greatest asset.
  26. Anyone can do anything if he believes and yearns for it.
  27. Habit makes everything easy.
  28. If you cannot be a clever person, be a kind person.
  29. In trends follow the crowd, in principles stand firm as a rock.
  30. The longue wounds more than a lance.
  31. We all love a good loser – if it isn’t us.
  32. Women are likes firearms, they are dangerous only inexperienced hands.
  33. The fear of lord is the beginning of wisdom.
  34. It is easy to criticize, but difficult to create.
  35. In doing what we ought to do we deserve no prise, because it is our duty.
  36. Don’t hold back goodness from those to whom it is owing.
  37. Balance is the key to life.
  38. Vision is the art of seeing things invisible.
  39. Always remember that success is a ladder, not an escalator.
  40. Plan your work and work your plan.
  41. Time is money.
  42. The time for action is now, it is never too late to do something.
  43. The game of life is lot like chess. You have to tackle your problems, block your fears, and score your points when you get the opportunity.
  44. Practice makes perfect! The more hours you put into it, the better you are at it..
  45. To be successful, you need to develop the hunger for it.
  46. Teamwork is the catalyst that yields exellence from shared strengths.
  47. Attitude is a little thing that makes a big difference.
  48. Skill and confidence are an unconquered army.
  49. Orang akan meminta maaf atas apa yang dilakukannya, bukan karena siapa dirinya.-Harriet Lerner-

Nih bwt yg pengen, n skalian back-up ucapan2 lebaran dari tmen2 gw,.. btw nama di”samarkan” ๐Ÿ˜€
SELAMAT MENIKMATI

-Walau langkah tark bertemu, Wajah tak bertatap, tangan tak berjabat, Ucap tak terdengar, Bila ada kata menoreh luka atau perasaan, ada tingkah yg kurang santun, setulus hati mohon diterima maafq, mungkin dari sms yang bisa q katakan,… “SELAMAT HARI” RAYA IDUL FITRI 1432 H. Mohon maaf lahir dan bathin,…
-Biarpun tuyul jadi gondronk, sundel gak lagi bolonk, gigi poconk mungkin kinclong, genderuwo dah jadi benconk, ngucapin idul fitri tetep boleh donk?? maap lahir batin conk,…
-Meski raga tidak bertemu tapi sms ini akan mewakili ketulusan pengirim untuk mengucapkan MINAL AIDIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR BATHIN, semoga kita kembali ke fitrah.
-Mbuh lebaran-e kapan, tapi malam ini saya ucapkan selamat Idul Fitri untuk teman2 dan rekan2 semua. Mohon maaf lahir dan bathin.
-Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432H. Mohon MAAF lahir dan batin. Semoga mendapat kemenangan yang hakiki & kembali menjadi jiwa yang suci. Amin,..
-Sineratan tulusing raos sucining qolbu mugi sirna sedaya kalepatan rumaketing silaturahmi mijil asesanti Minal Aidzin wal Fa idzin 1432H
-Taqobalallahu minna wa minkum, Ngaturaken wilujeng ied fitri 1432H. Nyuwun agunging pangapunten. Mugi kita kanugrahan jatining fitrah saking gusti ingkang Maha Mirah. Amin…amin..amin.
-Slmt hr raya Idul Fitri.. Maaf ya kl omgnku atau tgkh laku.q sring bkin skit hati, maafin jg smua kslhanku.. Minal aidzin wal faidzin, mhn maaf lahir n batin ๐Ÿ™‚
-Met IDUL FITRI 1432 H. Minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang pernah diperbuat.
-30 hri brpuasa, 30 Hari Mencari Cinta Allah SWT. 30 hari qt sahur disaat Breaking Dawn&berbuka menjelang Twilight. Kini qt tiba di Final Destination, yaitu Hri Idul Fitri. Mari Transformer diri qt mnjadi mnjdi manusia yg baru, bersih dri sgala dosa. Minal Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin.
-Mbuh kapan lebaran-e.. CEO, Direktur, Manajer, Karyawan, OB, Cleaning service dan Segenap pemilik saham FUNINTERMEDIA Corporation mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.. ๐Ÿ™‚ Semoga Qta slalu berjaya..
-Ruang&wkt brlalau tnp trasa.. Kalimat tutur kdg tak tjaga, janji yg trabaikn, sikap yg mnyakitkn.. Hati ni slalu rindu dg kta Maaf.. Mk sblm cahaya surga padam, sblm pintu tobat dtutup, sy mohon maaf lahir & bathin.. taqabalallahu minna wa minkum ๐Ÿ™‚
-Selamat idiul fitri, Mohon Maaf atas smua salah & khilaf yg mungkin aq sadari atau tdk aq sadari.
-tak terasa ramadhan telah usai,, takhir telah berkumandang mengisi gejolak jiwa yg menyambut hari nan fitri,, hati mgkn tlah sering mendustai, ucapan sering menyakiti, dan tangan sering melukai, selamat hari raya idul fitri minal aidin wal faidzin. mohon mav lahir en batin.
-seiring bergulirnya senja bergnti, gema Takbir, Tahlil&Tahmid brkumandang, prtanda hri kmenangan tlh tiba bgi umat muslim slruh dunia, dgn sgl kerendahan hati mengucpkn Slmt hari raya Idhul Fitri 1432H, Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir & batin, Taqobbalallahu minna waminkm,
-Minal Aidzin wal Faidzin.. Ndherek ngaturaken SUGENG RIYADI 1432H sadaya lepat nyuwun lumunturing sih samudra pangaksama.. Mugi2 sedaya dosa kula panjenengan sami saklwarga saged kalebur ing dinten riyoyo menika saha tansah pinaringan barokah saking Gusti ingkang Maha Kuwaos..
-Banyak dosa yg tak terdeteksi dgn USG…Tak trdgr oleh Stetoskop dan tak terlihat dgn Rontgen & CT SCAN…Antibiotik tak bisa mengobati…Anestesi tak mampu menahan SAKIT HATI…Hanya kata maaf dapat MENGAMPUTASI dr segala virus hati…Selamat Idul Fitri,Minal aidin wal faidzin mhn maaf lhr dan bthin
-Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqabbalalloohu minna waminkum. Mohon maaf utk kesalahan, kekhilafan, ucapan serta tindakan yg kurang berkenan
-Syahdunya Takbir tlah terdengar,merenyuhkn hati smua insan,,mengajak pada hari yg mulia menuju kesucian jiwa. Kesalahan dulu yg tersimpan, telah terbongkar smua,,Menggugah hati tuk saling memaafkan..
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432H.MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN,MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.
-Maaf lahir batin juga ya.. Maafin klo slma ni byk slh kata dan perbuatan..
Smg lebaran tahun ini menjadikan kita lebih baik lg, amin ya rabb
-Wa’alaykmslm WrWb
Amiรฌn…
Ya, sama2,
Saya jga meminta maaf atas sgala khรฌlaf, Smga Semangat Ramadhan dpt djga dlm mgarungi 11 bln ke dpan
Amiin
-Wa’alaikum salam..
Taqobbal Yaa karim, saya juga memohon maaf atas segala salah dan khilaf.
-Dengan Kerendahan Hati,Saya Mengucapkan “Minal Aidin Wal’Faidin” Mohon Maaf Lahir dan Batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H.
-Ramadhan tlah b’lalu..kemenangan tb, kembali dalam ke FITRI..Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H..Taqoballahu minna wa minkum..Mohon maaf lahir dan batin..
-Nalika pangucap anglelara jiwa, nalika tumindak anatu raga, kanthi lembahing manah kula ngaturaken nyuwun pangapunten mugi saget dipun tampi marang tyas sakjembaripun segara, saha kula nyuwun pangestunipun.
Taqaballahu minna wa minkum. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin ๐Ÿ™‚
-Prbedaan yg ada bukan lah pnghalang utk mnghantarkan ucapan maaf yg tulus..
Taqabalallahu minna wa minkum,shiyamana wa shiyamakum..
Mhn maaf lahir&batin..
Slmt hari raya idul fitri 1432 H ๐Ÿ™‚
-Tak banyak kata terucap selain maaf di hari yg suci ini.
Minal Aidin Wal Faidzin,Mohon Maaf Lahir dan Batin
-Andai hati sebening kaca, pastilah jiwa tiada noda… Andai sikap selembut sutra, santun kata tiada luka… Andai mulut berkata mulia, tiada hati yang terluka… Namun manusia tiada yang sempurna, hanya maaf tulus ikhlas hapuskan dosa…..minal aidin wal faidin, mhn maaf lahir bathin.
-Sunset rmadhn brnjk prgi,gnti fajr syawal di pgi hri.mmbwa cahya kdamaian.tebar berkh d hri kemnangn.Met idul fitri,mhn maaf lhir bathin.
-Satukn tangan, satukn hati itulah indhny silaturrohim,d hri kmenangn Qt padukn keikhlsn tk sling mmaafkn. Slmt Hari Raya Idul Fitri 1432H.
Mohon maaf lahir & batin.
-Takbir, tahmid, dan tahlil brkumandang.
Memecah keheningan malam,
mengantar rasa syukur padaNya, menyambut hari yang fitri.
Selamat Idul Fitri 1432 H.
Mohon maaf lahir & batin.
Semoga dipertemukan dgn ramadhan tahun2 berikutnya, aamiin.. ๐Ÿ™‚
-Seindah ufuk dipagi hari..Bgai embun yg menyejukan hati..Jika ada kata dan sikap yang melukai..izinkan diri untuk meminta keiklashan maaf dihari yang fitri..minal aidin wal faizin..maaf lahir bathin..1432 H
-Waalaikumslam. Taqabballahuminna wa minkum, kullu ‘amm wa antum bi khair.
Happy ied Mubarak, 1432 H. Sma2 maaf lhir btin jg…
-pantun.. sudah
puisi.. pernah
lirik.. susah
prosa.. ogah
nelpon.. tidak murah
datang langsung.. tdak tau rumah
minta dikunjungi.. terkesan tidak ramah :p

mohon ma’af lahir dan batin jg ya ๐Ÿ™‚ bila ada salah kata dan perbuatan, mohon dilupakan saja :p
selamat hari raya Idul Fitri
sekian H (lupa?)
–ย Selamat hari raya idhul fitri 1432 h ” MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN ” M0H0N MAAF LAHIR BATIN…semoga qt menjadi lebih baik ditahun yg akan datang,

Today is tomorrow we worriwd about yesterday.